Tabungan Celengan

Celengan. Sebutan celengan ternyata ada asal mula sejarahnya. Bukti otentiknya telah ditemukan, berupa arca berbentuk babi dengan lubang pipih seukuran koin, tengahnya kosong, di Trowulan, Mojokerto, Jawa Timur.

Celeng dalam bahasa Jawa artinya babi hutan. Wujud hewan itulah yang dijadikan wadah untuk menyimpan uang koin di zaman kerjaaan Majapahit.

Kalau celengan, disebut celengan karena ada wujud celengnya. Saya jadi berfikir. Kenapa kegiatan menyimpan uang saat ini disebut menabung.

Apakah karena dulu, setelah popularitas celengan meredup, wadah menyimpan uang yang dipakai masyarakat berubah dalam bentuk tabung. Sehingga dinamakan tabungan? Sedangkan kegiatannya disebut men-tabung, atau menabung?

Kalau dilihat, sampai saat ini pun banyak wadah penyimpanan uang yang wujudnya babi maupun tabung. Dijual di mana-mana. Di pasar. Di toko-toko. Di marketplace. 

Kalau dulu, pakai wadah kotak, mungkin namanya kotakan dan kegiatannya bernama mengkotak. Dan kalau tanya ke teman, dia nabung dimana, mungkin begini, "Kamu punya rekening kotakan di bank apa?"

*Photo by Stoica Ionela